Minggu, 13 November 2016

Cara Flash Ulang Lenovo Vibe X2 Via SP Flashtool

Cara Flashing Ulang Lenovo Vibe X2 Via SP Flashtool - Semua smartphone android yang alami bootloop atau parahnya hardbrick, tak dapat hidup, macet di logo, dan lainnya, biasanya cara terakhir mengatasinya hal itu adalah flash ulang ponsel. Flashing ulang juga dapat disebut install ulang ROM bawaan. Jadi ponsel android akan anda kembali kepada keadaan pabrik/ kondisi awal. Tak terkecuali juga di handphone Lenovo Vibe X2, jika alami bootloop maupun tidak mau nyala, cara terakhir adalah flashing ulang.


Khusus bagi Lenovo Vibe X2 ini, flash ulang tak perlu karena ponsel bootloop, tapi ada untuk alasan lain ponsel diwajibkan untuk diflash ulang. Salah satunya penyebabnya seperti ponsel telah dioprek atau sudah diroot. Lenovo Vibe X2 ini kalau sudah diroot maka memang tak bisa lagi menerima update firmware, atau lebih pastinya memang tak bisa diinstall firmware terbaru bila ada notifikasi update. Khususnya saat Lenovo Vibe X2 anda telah diupdate ke Lollipop, belum tersedia cara mengakali update firmware untuk Hp lenovo Vibe X2 Lollipop yang memang sudah diroot. Salah satunya caranya ialah flashing ulang dulu dengan Official ROM.

Memperoses flashing Lenovo Vibe X2 ini, tool utama akan digunakan tentu adalah SP Flashtool dan tentu adalah Official ROM Lenovo Vibe X2. Berikut ini adalah tutorial flash ulang Lenovo Vibe X2. Tutorial kali ini saya sudah coba di windows 10 32bit dan Alhamdulillah berhasil. Bagi pengguna Windows lain semoga bisa juga berhasil.

1. Download Official ROM Lenovo Vibe X2
2. Untuk ROM nya terserah Anda untuk memilih ROM KitKat atau ROM Lollipop, kalau akan saya contohkan di sini adalah ROM Lollipop karena ROM ini merupakan versi terbaru Lenovo Vibe X2

3. Selesai download, ekstrak file hasil dari download maka didalamnya anda akan menemukan 4 folder, tapi folder yang pentingnya adalah folder target_bin berisikan ROM Lenovo Vibe X2 Lollipop seperti scatter file, dan folder SP Flashtool akan digunakan untuk flash ulang.

4. Bagi para pengguna Windows 8 atau Windows 10, mungkin kendala ketika akan gunakan SP Flashtool. Nah, ada sedikit trik agar mampu menggunakan SP Flashtool di windows 8 atau Windows 10 ini, adalah dengan mendisable Driver Signature. Untuk cara disable driver signature di windows 8 atau Windows 10 yaitu sebagai berikut.
  • Menekan tombol Windows + i pada papan ketik, akan menampilkan jendela Settings, memilih Update & Security >> Recovery >> Advanced startup >> Restart now
  • Sesudah pc restart memilih Troubleshoot >> Advanced options >> Startup settings >> Restart
  • Sesudah PC restart ulang, menekan tombol 7 di keyboard, ini artinya anda memilih 7) Disable driver signature enforcement
  • Setelah itu komputer akan restart kembali. sesudah proses disable driver signature.
5. Lanjutkan ke langkah flash ulang Lenovo Vibe X2, buka SP Flashtool yang memang sudah disediakan di file Official ROM Lenovo Vibe X2 barusan.

6. Pastikan bahwa anda sudah mencentang DA/DL, caranya, pada SP Flashtool mengklik pada menu Options >> Option >> Download >> Ceklis DA/DL


7. Lanjutkan, langsung pada SP Flashtool klik Scatter-loading, lalu memilih scatter file yang di folder target_bin



8. Pastikan bahwa anda ada di tab Download, dan pilihan menu Download Only atau Firmware Upgrade jangan memilih Format All + Download, nanti akan anda kehilangan IMEI, selanjutnya klik Download


9. Matikan telepon Lenovo Vibe X2 anda, kemudian menghubungkan dengan komputer dengan kabel USB. Sehingga proses flashing Lenovo Vibe X2 akan berjalan, yang ditandai dengan berjalannya Progress Bar warna kuning, menunggu untuk proses sudah selesai 100%


10. Apabila proses flashing selesai dan berhasil, akan muncul jendela tanda cek. Silahkan lepaskan koneksi kabel USB ponsel dengan komputer.


11. Hidupkan ponsel anda kembali, dan menunggu beberapa waktu sampai ponsel nyala dan masuk sistem. Cukup sedikit lebih lama karena Lenovo Vibe X2 anda layaknya sebuah ponsel yang membeli yang baru dan baru dinyalakan pertama kali.

12. SELAMAT! Lenovo Vibe X2 anda berhasil flash ulang sendiri tanpa perlu repot-repot pergi ke SC Lenovo. Sekarang Anda bebas mengupdate firmware tanpa kuatir bootloop.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Flash Ulang Lenovo Vibe X2 Via SP Flashtool